DAILYMOTION.COM Situs Web Video Online Selain Youtube

Dailymotion.com
Dailymotion adalah suatu situs berbagi video secara online yang menduduki peringkat ke dua setelah situs Youtube. DailyMotion bepusat di Paris, Perancis, dengan menawarkan isi konten yang terdiri dari gabungan video baik secara amatir maupun professional. Seperti situs berbagi video lainnya, DailyMotion mengizinkan penggunanya untuk meng-upload file, melihat, mencari, dan membagikan video yang mereka inginkan. Tahun 2009, situs Dailymotion berhasil menambahkan 16.000 video baru setiap harinya. Sebagai sebuah situs yang besar, Dailymotion berusaha untuk menunukkan dirinya berbeda dari situs yang lain dengan berfokus pada kualitas kinerja mereka, dan berusaha juga untuk menunjukkan manfaat bagi 10.000 mitra kerja mereka, seperti HBO, Showtime, Netflix, Hulu, FOX Sports dan NBC

 
Sejarah dan Perkembangan Dailymotion 
DailyMotion dibuat oleh Benjamin Bejbaum dan Oliver Poitrey dengan berbekal modal sebesar €6,000 atau setara dengan $9,271 dollar Amerika Serikat dari hasil patungan bersama dengan empat orang yang lain. Pertama kali dibuat, DailyMotion memiliki sebuah kantor di sebuah Apartemen di Paris, Perancis karena saat itu aturan membuat sebuah perusahaan sangat susah untuk dilakukan. Pada tahun 2006, Atlas Venture dan Partech International menanamkan modal sebesar $9,5 miliar kepada perusahaan DailyMotion. Investasi kedua Atlas dan Partech Internasional dilakukan pada tahun 2007, dengan penanaman modal sebesar $34 juta. Pada tahun 2009 penanaman modal kepada DailyMotion semakin meningkat dengan mendapatkan hasil $25 juta dari perusahaan Atlas Venture, Advent Venture Partners, IDInvest Partners, Partech International, dan Fonds Stratégique d'Investissement. Pada tahun 2011, Perusahaan Telkom Perancis - Orange, mengambil 49 persen saham milik DailyMotion seharga $75 Juta (€59 Juta) , dan pada 10 Januari 2013 Orange kembali membeli 51 persen sisa saham milik DailyMotion dengan menghabiskan $80.600.000 (€ 61 juta), Orange mengakuisisi 100 persen dari Dailymotion untuk $168.000.000 (€ 127 juta). Di bulan Maret 2013, Yahoo dikabarkan sedang dalam pembicaraan dengan Perusahaan Orange untuk membeli saham lebih besar dibandingkan yang akan dimiliki oleh perusahaan Orange dengan harga sekitar $300 juta, sejak awal tahun ini telah terbayar $168 juta dengan saham final sebesar 51% telah di akuisisi.  
Tampilan Halaman Awal Dailymotion 
Penulis membuka situs tersebut menggunakan browser Firefox versi 35.0. Untuk mencari video, silahkan ketik di kolom Search (terdapat ikon kaca pembesar) diatas. Jika ingin mengupload dan berbagi video, diharuskan membuat akun terlebih dahulu dengan klik Sign in / Sign up. Jika ingin mencari video berdasarkan kategori dan ingin tahu video apa saja yang paling banyak dilihat (most viewed) pada hari ini klik Browse. Sebelum memainkan video, pastikan komputer / laptop anda sudah terinstal Adobe Flash Player. 
Tampilan saat Play Video

Disamping kanan video terdapat Related Video yaitu video yang topik dan isinya masih berhubungan dengan video yang sedang diputar. Video pun bisa kita membagikan (share) ke akun facebook dan twitter dengan menklik ikonnya yang berada di kanan atas jendela putar video. Kualitas video bisa diatur sesuai keinginan, sampai ukuran 480p. Pilihan ketersediaan resolusi tergantung dari video masing – masing. Resolusi 240p adalah resolusi otomatis saat memainkan video.
Untuk melihat video apa lagi yang diupload oleh user atau channel yang sama, dibagian bawah terdapat More Videos. Orang lain pun dapat berkomentar dan memberi tanggapan terhadap video yang ditontonnya di kolom komentar. Untuk membuat playlist video dengan tujuan agar memudahkan melihat video tersebut kapan saja, pilih Add to lalu Create New Playlist atau masukan dalam daftar Wacth Later. Untuk berkomentar dan memasukan video ke playlist tentunya harus membuat akun terlebih dahulu yang akan dijelaskan selanjutnya.
Membuat Akun pada Dailymotion
Menggunakan Dailymotion tanpa akun bukanlah sesuatu yang dilarang di dalam situs tersebut. Pengguna tetap akan bisa mengakses situs tanpa mempergunakan akun pribadi untuk menonton video yang terunggah disitus tersebut. Memiliki akun dapat memberikan keuntungan yang lain bagi pengguna Dailymotion, seperti memberikan komentar dan peringkat, mengunggah video sendiri, membuat atau bergabung dengan grup, dan membuat daftar putar sendiri. Membuat akun Dailymotion dilakukan secara gratis, dan jika pengguna tidak ingin lagi memiliki akun di situs Dailymotion, akun tersebut dapat dihapus secara permanen oleh pengguna. Untuk membuat, klik Sign up / Sign in pada pojok kanan atas, lalu akan muncul pop up tampilan seperti dibawah ini.


Jika sudah mempunyai akun dan ingin masuk sebagai user, langsung isi alamat email dan password saat pertama kali registrasi dan klik login. Kita bisa juga login dengan menggunakan akun Facebook, tapi disini akan dijelaskan tentang cara registrasinya. Untuk daftar klik Sign up, akan muncul pop up yang hampir sama seperti sign up

Langkah terakhir klik Create.

Tampilan Homepage Akun yang telah Dibuat

Kita dapat memperindah homepage dengan menambahkan foto profil dengan klik Add avatar dan menambahkan cover picture dengan klik Upload your Banner. Isi deskripsi akun / channel anda agar orang lain tahu channel anda berisi tentang video apa saja. Dengan begitu orang yang lain bisa memulai mem-follow akun anda dan setiap anda mengupload video, video anda akan tampil secara real time kepada followers anda
 
 
Untuk mengunggah video pertama setelah registrasi klik Upload Your First Video. Selanjutnya akan dicoba berkomentar terhadap video orang lain dengan akun yang baru kita buat. 
Pada video berjudul “Unboxing LG G3 Stylus” untuk memfollow user yang mengunggah video tersebut klik Follow. Untuk memberi komentar ketik dikolom dan klik Post Comment. Di gambar tersebut terlihat bahwa akun yang baru penulis buat tadi sudah dipakai berkomentar untuk video tersebut. Untuk menghapus komentar, klik ikon yang bergambar tempat sampah disamping komentar yang telah dipost. Di keterangan video tersebut juga dapat terlihat sudah berapa yang melihat video tersebut dari keterangan 31 views. Untuk melihat channel yang sudah difollow, klik tab Contact dan lihat apakah sudah ada tanda following. Di tab tersebut memungkinkan user untuk melihat recommended channel lain dan dapat memfollownya
 

Kesimpulan
Dailymotion merupakan situs yang sejenis dengan youtube, user mengunggah video dan orang - orang seluruh didunia dapat melihat dan memberi tanggapan. Hampir tidak ada perbedaan diantara keduanya. Dailymotion dapat membuat akun, menghubungkannya dengan sosial media lain seperti facebook dan twitter, saling memfollow channel (dalam youtube disebut subscribe), bergabung di grup, memberi tanggapan dan komentar untuk berkomunikasi satu sama lainnya seperti halnya situs sosial media yang lain. Kelebihannya antara lain dapat memilih kualitas resolusi video yang ingin dimainkan, jika memiliki koneksi yang sangat cepat dan kuota internet yang banyak bisa memilih resolusi tertinggi untuk kepuasan menonton video, lalu link video bisa di share ke situs media sosial lainnya seperti facebook dan twitter. Kekurangannya yaitu jumlah video di Dailymotion masih terpaut jauh jika dibandingkan dengan Youtube dan banyak user yang lebih memilih meng-upload videonya ke Youtube. Untuk di Indonesia sendiri banyak yang belum mengetahui keberadaan Dailymotion yang merupakan situs media sosial dalam hal video sharing padahal perkembangan situs ini di dunia sudah semakin maju dari sebelumnya. Namun ada juga beberapa negera seperti Tunisia yang memblokir situs dailymotion karena dikategorikan sebagai pornografi. Sebagai alternatif situs media sosial dalam video sharing, Dailymotion patut dicoba.
 

Sumber :
http://www.dailymotion.com
http://press.dailymotion.com/us/?p=338
https://ptkomunikasi.wordpress.com/2012/06/11/pengertian-media-sosial-peran-serta-fungsinya/

Related Posts:

0 Response to "DAILYMOTION.COM Situs Web Video Online Selain Youtube"